OUTING KELAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BAHASA INGGRIS DI BOROBUDUR

02 Mei 2019

Pada hari Kamis tanggal 2 Mei 2019 SMP Negeri I Wonosari mangadakan hunting turis ke Candi Borobudur dan ke Musium Gunung Merapi. Hunting turis ini dimaksudkan supaya peserta didik dari SMP Negeri I Wonosari berlati berbahasa Inggri dengan para turis yang berada di lokasi Candi Borobudor. Dalam pelaksanaan hunting turis ini terbagi menjadi 5 kelas, masing-masing kelas masih terbagi menjadi 5 kelompok.
Untuk tiap kelas didampingi dua pendamping, tugas pendamping yaitu mendampingi murid yang mencari turis untuk diajak berbasa Inggris. Setelah sampai di lokasi candi Borobudur hujan, namun para murid tetap semangat mencari turis untuk diajak berbicara bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris ini ditujukan untuk mengasah bahasa Inggris sekaligus untuk menetukan kenaikan kelas VII.
Setelah pukul 13:00 WIB perjalanan dilanjatkan ke Musium Gunung Merapi sampai di Musium Gunung Merapi pukul 15:00 WIB. Setelah sampai di Musium Gunung Merapi para peserta didik melihat replika Gempa, dan sunami. Di Musium Gumung Merapi ini juga terdapat cerita legenda hubungan berdirinya kerajan Mataram pada pemerintahan Panembahan Senopati, Kia Ageng Pemanahan dan Pantai Selatan, yang dikuasai oleh Nyi Roro Kidul yang berbentuk lukisan. Selain replika kukisan tersebut terdapat bongkahan batu pecahan letusan gunung merapi dari tahun 1931 sampai 2006. Kunjungan ke Musium Merapi selesai pukul 16:00 WIB, kemudian para peserta didik terus pulang. Sampai di SMP Negeri I Wonosari pukul 18:00 WIB. (Nug)